Sistem informasi Manajemen

Manajemen terdiri atas beberapa tingkatan, diantaranya yaitu :

  1. Strategic Planning Level

          Strategic Planning (Perencanaan Strategis) adalah Hal yang menentukan Bagaimana     sebuah            Organisasi akan melalui tahun-tahun ke depan, Bagaimana mencapai tujuannya dan Bagaimana mengetahui cara mencapai tujuan.  Fokus Strategic Planning selalu meliputi keseluruhan Organisasi sedangkan sebuah Business Planberfokus pada beberapa Bagian Produk, Pelayanan atau Program.  Banyak Variasi Perspektif dan Model Pendekatan dalam sebuah Strategic Planning.  Itulah mengapa Pemahaman dan Pengertian Strategic Planning akan bergantung pada Budaya Perusahaan, Kepemimpinan, Kompleksitas dan Lingkungan Organisasi. Beberapa variasi dari Strategic Planning Model termasuk Dasar Tujuan, Dasar Isu, Skenario Organik dan lainnya.
1) Perencanaan Dasar Tujuan adalah yang paling umum dilakukan dan mengacu pada Misi Organisasi (Visi dan Nilai), Tujuan Kerja yang mencapai Misi, Strategi untuk mencapai Tujuan dan Perencanaan Tujuan (Apa yang akan dilakukan, Siapa yang melakukan dan Kapan melakukannya).
2) Perencanaan Strategis berdasarkan Isu yang selalu dimulai dengan menguji isu yang tengah dihadapi Organisasi, Strategi yang menyesuaikan dengan Isu dan Rencana Aksi.
3) Perencanaan Strategis Organik adalah hasil pengejawantahan Visi dan Nilai Perusahaan.  Rencana Aksi yang mengikuti Nilai.  Beberapa Perencanaan melakukan pendekatan yang seperti Penyelidikan atau Apresiatif.



   2. Management Control Level


    Management Control Level adalah tingkatan manager tengah bertugas pengendalian managemen,yaitu  membuat rumusan anggaran dan alokasi sumber daya.Melaksanakan tugasnya yang informasinya bersumber dari internal.dan membuat laporannya secara rinci karena dia bertanggng jawab melaporkana hasil dan kondisi perusahaan atau organisasi.

a. Manajer Puncak / Top Manager

Tanggung jawab dari manajer puncak adalah keseluruhan kinerja dan keefektifan dari suatu perusahaan. Manajer tingkat puncak membuat kebijakan, keputusan dan strategi yang berlaku secara umum pada suatu perusahaan. Manajer puncak juga yang melakukan hubungan dengan perusahaan lain dan pemerintah.

b. Manajer Menegah / Middle Manager

Manajer tingkat menengah berada di antara manajer puncak dan manajer lini pertama. Manajer ini bertugas mengimplementasikan strategi, kebijakan serta keputusan yang diambil oleh manajer tingkat atas atau puncak.

c. Manajer Lini Pertama / First-Line Manager

Manajer tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan baik. Manajer lini pertama juga memiliki andil dan turut serta dalam proses pengimplementasian strategi yang telah ditetapkan.
        

   3. Operational Control Level

    Operational Control Manager adalah tingkatan manager paling bawah bertugas pengendalian operasional,yaitu pengendalian aktivitas dan laporan prestasi.Ikatan manajemen yang bertanggung jawab atas pekerja dibawahnya.Tingkat ini mengambil informasi dari internal,karena mengerjakan apa yang akan dilakukan oleh karyawan atau personil sesuai dengan rancangan dari manajement tingkat atas.Membuat laporan hasil kerja atau transaksi diperusahaan dengan rinci,karena tingkat ini bertugas melaporkan semua hal yang ada dalam perusahaan.


Sistem informasi Manajemen Sistem informasi Manajemen Reviewed by Pendamping DAK on 2:45 AM Rating: 5

4 comments:

Powered by Blogger.