Sistem informasi Manajemen
Manajemen terdiri atas beberapa tingkatan, diantaranya yaitu
:
- Strategic Planning Level
Strategic
Planning (Perencanaan Strategis) adalah Hal yang menentukan Bagaimana sebuah Organisasi akan melalui tahun-tahun
ke depan, Bagaimana mencapai tujuannya dan Bagaimana mengetahui cara mencapai
tujuan. Fokus Strategic Planning selalu
meliputi keseluruhan Organisasi sedangkan sebuah Business Planberfokus pada
beberapa Bagian Produk, Pelayanan atau Program.
Banyak Variasi Perspektif dan Model Pendekatan dalam sebuah Strategic
Planning. Itulah mengapa Pemahaman dan
Pengertian Strategic Planning akan bergantung pada Budaya Perusahaan,
Kepemimpinan, Kompleksitas dan Lingkungan Organisasi. Beberapa variasi dari Strategic Planning Model termasuk Dasar
Tujuan, Dasar Isu, Skenario Organik dan lainnya.
1) Perencanaan Dasar Tujuan adalah yang paling umum
dilakukan dan mengacu pada Misi Organisasi (Visi dan Nilai), Tujuan Kerja yang
mencapai Misi, Strategi untuk mencapai Tujuan dan Perencanaan Tujuan (Apa yang
akan dilakukan, Siapa yang melakukan dan Kapan melakukannya).
2) Perencanaan Strategis berdasarkan Isu yang selalu dimulai
dengan menguji isu yang tengah dihadapi Organisasi, Strategi yang menyesuaikan
dengan Isu dan Rencana Aksi.
3) Perencanaan Strategis Organik adalah hasil
pengejawantahan Visi dan Nilai Perusahaan.
Rencana Aksi yang mengikuti Nilai.
Beberapa Perencanaan melakukan pendekatan yang seperti Penyelidikan atau
Apresiatif.
2. Management Control Level
Management Control
Level adalah tingkatan manager tengah bertugas pengendalian managemen,yaitu membuat rumusan anggaran dan alokasi sumber
daya.Melaksanakan tugasnya yang informasinya bersumber dari internal.dan
membuat laporannya secara rinci karena dia bertanggng jawab melaporkana hasil
dan kondisi perusahaan atau organisasi.
a. Manajer Puncak / Top Manager
Tanggung jawab dari manajer puncak adalah keseluruhan
kinerja dan keefektifan dari suatu perusahaan. Manajer tingkat puncak membuat
kebijakan, keputusan dan strategi yang berlaku secara umum pada suatu
perusahaan. Manajer puncak juga yang melakukan hubungan dengan perusahaan lain
dan pemerintah.
b. Manajer Menegah / Middle Manager
Manajer tingkat menengah berada di antara manajer puncak dan
manajer lini pertama. Manajer ini bertugas mengimplementasikan strategi,
kebijakan serta keputusan yang diambil oleh manajer tingkat atas atau puncak.
c. Manajer Lini Pertama / First-Line Manager
Manajer tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan
atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan
yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan
baik. Manajer lini pertama juga memiliki andil dan turut serta dalam proses
pengimplementasian strategi yang telah ditetapkan.
3. Operational Control Level
Operational
Control Manager adalah tingkatan manager paling bawah bertugas pengendalian
operasional,yaitu pengendalian aktivitas dan laporan prestasi.Ikatan manajemen
yang bertanggung jawab atas pekerja dibawahnya.Tingkat ini mengambil informasi
dari internal,karena mengerjakan apa yang akan dilakukan oleh karyawan atau
personil sesuai dengan rancangan dari manajement tingkat atas.Membuat laporan
hasil kerja atau transaksi diperusahaan dengan rinci,karena tingkat ini
bertugas melaporkan semua hal yang ada dalam perusahaan.
Sistem informasi Manajemen
Reviewed by Pendamping DAK
on
2:45 AM
Rating:
Wah, abang keren sekali ya:)
ReplyDeleteMantaap
ReplyDeleteMantaap
ReplyDeleteMantaap
ReplyDelete